Monday 17 April 2017

     Tampak berderet sepeda motor dan sepeda di depan masjid Ahmad Maryam, Padokan, Sawahan, Boyolali. Beberapa orang tengah duduk menghadap meja menyiapkan laptop dan notebook sambil ngobrol santai menunggu acara dimulai. Seorang bapak sedang menunggu di depan pintu gerbang masjid sambil memegang HP sambil sesekali melihat ke arah jalan seperti sedang menunggu seseorang, beliau adalah salah satu pengurus masjid yang bernama Muhammad Muflihun. Beliau berkerja sebagai PNS di Pemda Surakarta tapi masih ada waktu untuk aktif dalam kegiatan masjid karena memang sejak SMP sudah tidak asing dengan kegiatan masjid di lingkungan sekitarnya. Saat saya datang langsung disambut dengan salam dan senyum yang khas, beliau adalah teman lama saya sejak masih anak-anak hingga SMP. Pelatihan yang diadakan di Masjid Ahmad Maryam, Padokan, Sawahan, Boyolali juga salah satu ide beliau untuk memajukan para pemuda pemudi lingkungan masjid agar lebih melek tekhnologi dan mampu menyusun berita dengan baik dan benar sehingga kegiatan dakwah bisa dilakukan melalui dunia maya dengan lebih baik. 
     Jadwal pelatihan memang di rencanakan Minggu (16/4/2017) jam 08:30 akan tetapi pembicara pertama masih ada kesibukan sehingga jadwal sedikit mundur. Pembicara pertama adalah Mufid Aryono yang menjabat sebagai redaktur Harian Umum Solopos. Menurut Mufid Aryono secara sederhana berita itu adalah peristiwa yang terjadi disekitar kita yang berupa fakta akan tetapi tidak semua fakta bisa dijadikan berita mengingat situasi dan kondisi. Jenis penulisan berita ada 2 yaitu Hard News dan Soft News. Adapun perbedaannya adalah jika Hard News adalah berita yang harus disampaikan saat itu juga ke publik sebab jika ditunda maka berita itu akan basi misalnya kejadian kebakaran di pasar Klewer. Berita Soft News adalah berita yang ditulis secara ringan dan bisa disajikan kapan saja misalnya adalah pariwisata di Taman Balekambang Solo. Jurnalistik adalah sebuah kegiatan mengumpulkan data informasi, fakta disampaikan melalui media. Dan perlu diingat dalam menyampaikan berita harus diperhatikan yaitu sampaikan kebenaran/bukan hoax dan sudah terverifikasi. Hoax adalah sebuah berita yang belum diverifikasi kebenarannya tapi sudah diterbitkan contohnya berita yang seringkali muncul lewat jaring sosial (FB, WA, BB, Instagram dll) seringkali tanpa ada verifikasi langsung di lakukan share. Cara verifikasi adalah dengan terjun ke lapangan untuk melakukan konfirmasi sesuai dengan berita. Dalam mendapatkan berita juga harus diperhatikan aturan-aturan khusus di tempat itu misalkan cara berpakaian sebab peraturan di istana negara akan berbeda dengan peraturan di istana Jogjakarta dalam hal berpakaian atau pada era presiden RI sebelumnya ada aturan bahwa tinggi mic saat wawancara harus berada dibawah dada presiden tapi ada juga presiden RI yang tidak mempermasalahkan ketinggian mic asalkan diletakkan di depan presiden. Mufid Aryono berharap setelah mengikuti pelatihan ini para pemuda masjid mampu membuat berita dengan baik dan benar, jika para pemuda yang masih duduk di bangku kelas 1-2 SMA ingin mendalami dunia jurnalistik maka Harian Umum Solopos memberi kesempatan menjadi wartawan siswa (Wasis) yang perekrutannya diadakan setiap enam (6) bulan sekali.
     Pada sesi kedua yang diisi oleh Harjanto diberikan tutorial cara pembuatan blog yang langsung dipraktekkan oleh para peserta. Tampak beberapa peseta memang belum mengerti atau mengenal apa itu blog sehingga tutorial dimulai dari langkah dasar yaitu pembuatan e-mail (surat elektronik) sebagai salah satu syarat pembuatan blog. Harjanto adalah seorang blogger yang sudah cukup lama berkecimpung dalam dunia maya bahkan sudah mempunyai beberapa blog diantara untuk jual beli bibit unik dan sudah menjangkau sampai ke Malaysia penjualannya, seperti penuturan beliau. 
     Semoga dengan pelatihan yang seperti ini para pemuda bisa menjadi lebih terbuka wawasannya terhadap dunia maya sehingga bisa memilah dan memilih berita-berita yang berupa fakta atau hanya sekedar hoax karena semua perbuatan kita kelak akan dipertanggung jawabkan di hadapan Alloh SWT.


0 comments:

Post a Comment

Definition List

BTemplates.com

Powered by Blogger.

Sample Text

Pages

Recent Posts

Popular Posts